BERITA GEMA MEDIA

SERAH TERIMA BANTUAN JALIN MATRA KELURAHAN MENTIKAN

SERAH TERIMA BANTUAN JALIN MATRA KELURAHAN MENTIKAN

MOJOKERTO - GEMA MEDIA : Bertempat Aula Kantor Kelurahan Mentikan, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto, gelar acara Rembug Pokmas dan Penyerahan Bantuan Kepada Kepala Rumah Tangga Perempuan (KRTP). Penyerahan bantuan ini dalam program jalan lain menuju mandiri dan sejahtera ( Jalin Matra) , Selasa (11/12/2018).

Jalin Matra ini merupakan program Pemprov yang bekerja sama dengan Dinas Sosial Kota Mojokerto, merupakan program untuk mengentas kemiskinan dan meningkatkan perekonomian warga Kota Mojokerto. Acara rembuk pokmas ini juga di hadiri oleh perwakilan dari provinsi Jawa Timur, Dinsos, juga warga Kelurahan Mentikan yang menerima bantuan

Ada 28 KRTP di Kelurahan Mentikan yang menerima bantuan dari Pemprov. Program Jalin Matra lewat Feminisasi Kemiskinan ini, bentuknya berupa pemberdayaan kepada kalangan janda tulang punggung keluarga. Mereka yang telah lolos kategori, dibantu dana sebesar Rp 2,5juta dalam bentuk material untuk usaha. Bentuknya disesuaikan dengan kebutuhan usaha mereka. ”Semisal, janda yang berjualan es, itu minta kulkas. Tentu, nanti kulkasnya disesuaikan dengan besaran dana. Ada juga yang untuk beli elpiji dan kompor, karena jualan elpiji,” ungkap Bambang sebagai Lurah Mentikan.

Bambang Lurah Mentikan mengatakan, Program Jalin Matra sendiri besutan Pemprov Jatim. Sudah digagas sejak 2014 silam. Program itu menyasar kepala rumah tangga perempuan berupa janda potensial dan kepala keluarga perempuan. Itu bisa yang berupa perempuan yang ditinggal mati pasangan, cerai, hingga ditinggal menikah lagi. Masing-masing kelurahan yang dapat Jalin Matra sudah melakukan rembuk desa memastikan status janda itu."Diharapkan bantuan ini bisa menambah penghasilan dan taraf hidup warga, juga membawa dampak positif untuk kedepannya. Jangan sampai alat atau perlengkapan ini dijual setiba dirumah," pungkasnya. (jen/ri)

. . .